SMAN1Ciparay.sch.id, Ciparay Setiap tahunnya, SMA Negeri 1 Ciparay senantiasa melaksanakan praktek pemotongan hewan kurban. Pada tahun ini, sebanyak 6 ekor hewan kurban siap dipotong dan akan dibagikan kepada warga sekitar sekolah. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak tiga minggu sebelum pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Puncaknya, hari ini (02/09) hewan-hewan tersebut disembelih dan disaksikan oleh guru dan siswa.

Tahun ini jumlah hewan yang disembelih terdiri atas 1 ekor kambing, 4 ekor sapi, dan 1 ekor domba yang merupakan hadiah ulang tahun Wajapala. Adapun sapi, 2 diantaranya merupakan sapi kurban milik Bapak dan Ibu guru, sedangkan 2 lainnya merupakan hasil sedekah siswa yang terkumpul selama tiga minggu terakhir. Sedekah yang diberikan pun tidak ditentukan, ada yang memberikan sedekah seadanya dan adapula yang memberikan sedekah dengan jumlah yang besar.

Kegiatan praktek kurban ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran siswa untuk berbagi dan melepaskan rasa cinta dunia, karena sejatinya berkurban adalah salah satu ibadah yang menunjukkan rasa cinta seorang hamba kepada tuhannya. Sehingga wajar bila tidak semua orang mampu mengorbankan sebagian hartanya untuk dikurbankan. Allah SWT. tidak menerima daging dan darahnya, melainkan Allah menerima ketakwaan seorang hamba.

Jika kita hitung, domba yang kita beli dengan harga 3 juta rupiah, dikurbankan dan dibagikan dagingnya. Sebagian besar dagingnya akan dinikmati oleh oran-orang yang berhak menerima, sementara bagian yang menjadi hak kita hanya sebagian kecilnya saja. Andai rupiah yang menjadi ukuran, maka orang yang berkurban akan merugi. Di sinilah hikmah berkurban sebagai ibadah yang menunjukkan seberapa besar rasa cinta seorang manusia kepada Allah. Bagi seseorang yang kuat imannya, nilai uang yang dikeluarkan merupakan wujud ketaatannya kepada Allah.

Dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir, Al-Hasan ibnu Arafah Al-Abdi meriwayatkan sebuah hadits, Rasulullah saw. bersabda, “Makhluk apakah yang paling kalian kagumi imannya?”. Mereka (para sahabat) menjawab, “Para malaikat.” Nabi saw. bersabda, “Mana mungkin mereka tidak beriman, sedangkan mereka berada di dekat Tuhannya?” Mereka berkata, “Para Nabi.” Rasulullah saw. bersabda, “Mana mungkin mereka tidak beriman,sedangkan wahyu diturunkan kepada mereka?” Mereka berkata, “Kalau begitu kami.” Nabi saw. bersabda, “Mana mungkin kalian tidak beriman, sedangkan aku berada di antara kalian?” Maka Rasulullah saw. bersabda, “Ingatlah, sesungguhnya makhluk yang paling kukagumi keimanannya ialah suatu kaum yang datang sesudah kalian, mereka menjumpai lembaran-lembaran yang di dalamnya tertuliskan Al-Qur’an, lalu mereka beriman kepada semua yang terkandung di dalamnya.

Hadits di atas menjelaskan bahwa makhluk yang dikagumi adalah manusia yang lahir setelah generasi sahabat, generasi setelah tabi’in, dan semoga manusia tersebut adalah kita semua yang beriman kepada Allah, beriman kepada isi dan kandungan Al-Qur’an serta senantiasa berusaha mengamalkannya. Salah satunya adalah berkurban. Mana mungkin seseorang rela mengeluarkan sebagian hartanya hanya untuk membeli hewan yang akan dimakan oleh orang-orang sedang ia hanya mendapat sedikit bagian? Mana mungkin ada seorang yang hidup susah dan dengan susah payah ia mengumpulkan uangnya hanya untuk membeli hewan yang akan dimakan oleh orang-orang? Padahal, membeli secuil daging pun ia tidak mampu? Mana mungkin seseorang mau mengorbankan hartanya hanya untuk sesuatu yang tidak tampak balasannya? Hanya iman yang mampu menjawab semua pertanyaan itu. Hanya iman dan kecintaan kepada Tuhan yang mampu menghilangkan rasa cinta manusia kepada hartanya.

Praktek penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu upaya SMA Negeri 1 CIparay untuk menciptakan generasi yang beriman, berakhlak, dan memiliki jiwa sosial tanpa pamrih. Siswa dilatih untuk mau menyisihkan uang jajannya hanya demi memberikan sedikit kebahagian kepada warga sekitar sekolah. Siswa dilatih untuk mau memberikan hartanya atas dasar keimanan kepada Allah.Tanpa paksaan, tanpa ancaman, seluruh siswa secara suka rela memberikan sedekah untuk membeli hewan kurban. Dua ekor sapi menjadi bukti semangat siswa dalam mewujudkan keimanannya kepada Allah.

IMG_20170902_080743

Selain diajarkan untuk menyisihkan hartanya, siswa juga dilatih untuk terjun langsung membantu pengurusan daging kurban. Dengan semangat, mereka pun berbagi tugas. Mulai dari  mengiris daging, mencuci dan merebus jeroan, membungkus, hingga membagikan daging kurban. Semua semangat dan tanpa pamrih mengurusi hewan kurban.

IMG_20170902_090500

IMG_20170902_092957

Semoga, rangkaian kegiatan Praktek Kurban ini mampu menciptakan generasi yang sholeh, generasi berakhlak, generasi yang mau berbagi. Semoga Allah swt. memberikan umur panjang dan rezeki yang berkah, sehingga tahun depan SMA Negeri 1 Ciparay dapat melaksanakan kembali kegiatan ini. Aamiin